Kamis, 04 Agustus 2016

Evaluasi Bimbingan dan Konseling

PENGERTIAN EVALUASI DAN MONITORING

Lessinger mengemukakan bahwa evaluasi adalah proses penilaian dengan jalan membandingkan antara tujuan yang diharapkan dengan kemajuan/prestasi yang dicapai. Wysong mengemukakan bahwa evaluasi adalah proses untuk menggambarkan, memperoleh atau menghasilkan informasi yang berguna untuk mempertimbangkan suatu keputusan.
Gibson dan Mitchell mengemukakan bahwa proses evaluasi adalah untuk mencoba menyesuaikan data objektif dari awal hingga akhir pelaksanaan program sebagai dasar penilaian terhadap tujuan program. Farid Mashudi, menyebutkan bahwa Evaluasi adalah proses penilaian. Dari berbagai pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa evaluasi adalah proses penilaian dari suatu kagiatan yang telah dilaksanakan.
Monitoring adalah proses rutin pengumpulan data dan pengukuran kemajuan atas objektif program/ Memantau perubahan, yang focus pada proses dan keluaran. Monitoring adalah aktifitas yang ditujukan untuk memberikan informasi tentang sebab dan akibat dari suatu kebijakan yang sedang dilaksanakan. Monitoring dilakukan ketika sebuah kebijakan sedang diimplementasikan. Monitoring diperlukan agar kesalahan awal dapat segera diketahui dan dapat dilakukan tindakan perbaikan, sehingga mengurangi risiko yang lebih besar. Monitoring melibatkan perhitungan atas apa yang kita lakukan. Monitoring melibatkan pengamatan atas kualitas dari layanan yang kita berian. Maka, dapat disimpulkan bahwa monitoring adalah proses penilaian ketika suatu kabijakan atau kegiatan sedang dilaksanakan.


Referensi: Suherman, Uman. 2007. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bekasi: Madani Production.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar